Cabe, Penyemangat Keluarga

“Gila, harga cabe lebih mahal daripada harga daging!” seru bapaknya Andra sepulang kerja. Tumben ngomongin harga cabe . Bukannya  harusnya yang ngomong emak-emak, ya? Iya, harusnya saya yang ngomong begitu, pikir saya. Tapi enggak juga sih, bapaknya Andra kan penggila cabe. Saya pun, tapi saya tidak segila dia. Ibaratnya kalau di rumah  makan, saya pesan  makanan pedas level 2, dia akan pesan pedas level 3.

Jadi kalau harga cabe naik, jelas kami peduli.

Keesokan harinya, saya coba tanya kepada tukang sayur langganan. “Harga cabe berapa Pak?’ tanya saya sambil memegang seplastik kecil berisi cabe rawit merah. “Lima ribu, Mbak,” jawabnya.  Saya lihat lagi plastik yang saya pegang. Isinya kurang lebih ada 20 puluh cabe rawit merah. Kecil-kecil ukurannya.  Sebelum harga cabe naik, harga seplastik cabe rawit merah itu, hanya tiga ribu perak. Kalau beli dua, diberi diskon seribu perak.  Sebenarnya, bisa saja saya beli cabe keriting, harganya tak semahal cabe rawit, tapi kata bapaknya Andra, gak nendang!  Ho’oh, kami jarang sekali beli cabe keriting, kami lebih sering beli cabe rawit. Kami sekeluarga doyan pedas. Kami ini keluarga cabe-cabean. Tapi gak pernah naik motor  boncengan bertiga pake celana gemes, ya. Hehehe.

Agaknya kebiasaan makan yang pedas-pedas ikut menular pada anak saya, Andra. Kalau diberi makanan pedas, dia malah gak kapok. Awalnya sih ia kaget, sampai huhah huhah, tapi setelah itu minta lagi. Hohoho… That’s my boy!

Baiklah, hari itu akhirnya hanya ada sedikit sambal di meja kami. Seperti biasa, yang bertugas nyambel, bapaknya Andra, karena sambal buatannya lebih nikmat dibanding buatan saya.  Semoga harga cabe kembali normal lagi, dan bapaknya Andra bisa semangat ngulek, kami sekeluarga  pun bisa semangat makan.

Untuk para penikmat cabe, kita tos dululah!

Leave a Reply

